BUKAN SEKADAR SANITIZE ! DESINFEKTAN JUGA PERLU ! APA ITU DESINFEKTAN?



Penelitian tentang Coronavirus masih terus diceritakan, namun anda dapat mencegahnya dengan sama-sama menjaga kesehatan dan kebersihan, termasuk dengan praktik kebersihan di dalam rumah sendiri dan kawasan orang ramai. Anda disarankan untuk menggunakan bahan desinfektan untuk membunuh virus. Apa itu desinfektan?, dan apa manfaat desinfektan,?

Apa Itu Desinfektan?

Desinfektan adalah cecair pembersih yang umumnya dibuat dari hidrogen peroksida, creosote, atau alkohol untuk membunuh bakteri, virus, kuman, protozoa, dan mikroorganisme berbahaya lain pada permukaan sesuatu benda atau ruangan.
Desinfektan umumnya digunakan untuk membersihkan high-touch surface atau benda-benda yang paling sering disentuh banyak orang seperti tombol pintu, meja, tempat tidur, dan kamar mandi.
Desinfektan juga mengandungi konsentrasi biosida tinggi agar lebih efektif dalam mencegah bakteria dan mikroorganisme disetiap tempat menjadi tumpuan dan berbahaya bila disentuh atau dihirup manusia.



Manfaat Desinfektan untuk Mencegah Virus
Setiap sudut tempat yang anda kunjungi atau benda-benda umum yang biasa anda sentuh pasti mengandung bakteria, virus, dan mikroorganisme.
Bahkan, berdasarkan penelitian terdapat 600.000 bakteria di setiap inci kulit akibat dari sentuhan benda yang terdedah pada bakteria dan virus berbahaya. Walaubagaimanapun sebahagian besar bakteri atau virus mungkin tidak berbahaya, namun terdapat organisme penyebab penyakit yang disebut dengan patogen mematikan yang mungkin dipaparkan melalui sesuatu benda.
Benda-benda tersebut dapat menjadi tempat kepada virus atau bakteria tumbuh dan berkembang, oleh itu sangat penting untuk membersihkannya dengan desinfektan secara teratur pada permukaan benda pada fasiliti atau tempat yang sering disentuh.
Berdasarkan saranan dari Centers for Disease Control and Prevention (CDC), tempat-tempat yang harus dibersihkan dengan desinfektan adalah sekolah, universiti,asrama, tempat penjagaan anak, pusat perniaagan, dan semua tempat yang dikunjungi orang ramai di luar rumah.
Menggunakan desinfektan juga dapat membantu mencegah penyebaran selesema,  dan penyakit lain seperti Coronavirus yang sekarang tersebar meluas dan sangat cepat.

Cara Membersihkan Rumah dengan Desinfektan
Berikut adalah saranan teknik dari CDC untuk membersihkan peralatan dengan desinfektan:
Gunakan sarung tangan saat membersihkan permukaan dengan desinfektan untuk menghindari dari kontak dengan virus atau bakteria
Gunakan juga topeng muka sewaktu anda membersihkan rumah dengan desinfektan
Cuci dengan deterjen dan air apabila permukaannya terlalu kotor sebelum desinfeksi
Jika permukaannya terlihat bersih, cukup semburkan larutan desinfektan lalu lap dan biarkan kering dengan udara selama beberapa minit
Anda dapat menggunakan larutan desinfektan buatan sendiri atau produk kebersihan yang disetujui oleh EPA yang diharapkan efektif mencegah COVID-19
Gunakan desinfektan atau pembersih khusus untuk benda dengan permukaan lunak seperti lantai berkarpet, permadani, dan tirai




Bersihkan permukaan benda-benda yang sering disentuh. Apabila Anda melakukan desinfeksi dengan betul maka ia akan membunuh organisma mikroskopis berbahaya yang dapat menjerumus kepada infeksi dan penyakit.
Setiap orang harus memiliki kesedaran akan pentingnya kebersihan untuk memelihara kesihatan. Hal ini termasuk dengan membersihkan peralatan rumah  dan tempat umum dengan desinfektan, mencuci tangan secara teratur, memenuhi vitamin dan nutrisi, dan menghindari orang sakit.

Itulah cara membuat desinfektan. Semoga informasi kesehatan ini dapat membantu Anda mencegah diri dan orang-orang di sekitar anda terhindar dari virus Corona dan virus patogen lainnya.
Informasi kesihatan ini telah diteliti oleh : dr. Jati Satriyo.
Sumber : doktersehat.com



Untuk pelbagai info mengenai kes kovid terkini sila klik link dibawah 

Berminat menyertai group whatsapp untuk berkongsi tips kebersihan? Klik link dibawah

Comments